Pipa Stainless Steel

Ada yang tau pipa stainless steel/stainless steel pipe?

Pipa stainless steel/stainless steel pipe adalah jenis pipa yang terbuat dari logam sehingga jenis pipa stainless ini mempunyai ketahanan yang tinggi terhadap terjadinya korosi. lalu logam apa yang ada pada stainless ini?
ya benar sekali, dengan logam besi ini lah pipa stainless di katakan kuat karena
logam ini merupakan kelompok yang paling penting secara komersial, lebih dari tiga perempat tonase logam di seluruh dunia. besi murni memiliki penggunaan komersial yang terbatas, tetapi ketika dicampur dengan karbon, besi memiliki lebih banyak kegunaan dan nilai komersial yang lebih besar daripada logam lainnya.
selain dengan besi lalu dengan apa lagi ya?
ya benar sekali dengan baja .

karena baja ini dirancang untuk memberikan ketahanan korosi yang tinggi.
elemen paduan utama dalam baja tahan karat adalah kromium biasanya di atas 15%
kromium dalam paduan dari film oksida tipis dan kedap air dalam atmosfer pengoksidasi, yang melindungi permukaan dari korosi.
lalu di padukan dengan nikel ke dalam baja tersebut untuk meningkatkan perlindungan korosi. karbon digunakan untuk memperkuat dan mengeraskan logam, namun, meningkatkan kandungan karbon memiliki efek mengurangi perlindungan korosi karena bentuk kromium karbida untuk mengurangi jumlah cr bebas yang tersedia dalam paduan .

baja dapat didefinisikan sebagai paduan besi-karbon yang mengandung 0,02% hingga 2,11% karbon.
itu adalah kategori yang paling penting dalam kelompok logam besi. komposisinya sering mencakup elemen paduan lainnya seperti mangan kromium nikel dan molibdenum untuk meningkatkan sifat logam.

1. tahan karat austenitik memiliki komposisi khas sekitar 18% Cr dan 8% Ni dan merupakan yang paling tahan korosi dari ketiga kelompok tersebut. memiliki komposisi ini, mereka kadang-kadang diidentifikasi sebagai stainless 18-8. yang nonmagnetik dan sangat ulet: tetapi mereka menunjukkan pengerasan kerja yang signifikan. nikel memiliki efek memperbesar wilayah austenit dalam diagram fase besi-karbon, membuatnya stabil pada suhu kamar, baja tahan karat austenitik digunakan untuk fabrikasi peralatan kimia dan pengolahan makanan, serta bagian mesin yang membutuhkan ketahanan korosi yang tinggi

2. feritik stainless memiliki sekitar 15% sampai 20% kromium, karbon rendah, dan tidak ada nikel.
ini memberikan fase ferit pada suhu kamar. baja tahan karat feritik bersifat magnetis dan kurang ulet dan tahan korosi dibandingkan austenitik. suku cadang yang terbuat dari ferritic stainless mulai dari peralatan dapur hingga komponen mesin jet

3. tahan karat martensit memiliki kandungan karbon yang lebih tinggi dari pada tahan karat feritik sehingga memungkinkan untuk diperkuat dengan sifat panasnya. memiliki sebanyak 18% Cr tetapi tidak ada Ni, kuat, keras, dan tahan lelah, tetapi umumnya tidak seperti tahan korosi seperti dua kelompok lainnya. produk khas termasuk peralatan makan dan instrumen bedah.

kebanyakan baja tahan karat ditandai dengan skema penomoran AISI tiga digit. digit pertama menunjukkan tipe umum, dan dua digit terakhir memberikan nilai spesifik dalam tipe.

baja tahan karat tradisional dikembangkan pada awal 1900-an sejak itu, beberapa baja paduan tinggi tambahan telah dikembangkan yang memiliki ketahanan korosi yang baik dan sifat yang diinginkan lainnya. ini juga diklasifikasikan sebagai baja tahan karat

elemen paduan umum yang ditambahkan ke baja adalah kromium, mangan, molibdenum, nikel, dan vanadium, kadang-kadang secara individual tetapi biasanya dalam kombinasi. elemen ini biasanya membentuk larutan padat dengan besi dan senyawa logam dengan karbon (karbida) dengan asumsi karbon yang cukup hadir untuk mendukung reaksi. pengaruh bahan paduan utama dapat diringkas sebagai berikut:

– (Kromium (Cr) meningkatkan kekuatan, kekerasan, ketahanan aus, dan kekerasan panas Ini adalah salah satu bahan paduan yang paling efektif untuk meningkatkan kemampuan mengeras. dalam proporsi yang signifikan, Cr meningkatkan ketahanan korosi.

– (mangan (Mn) meningkatkan kekuatan dan kekerasan baja ketika baja dipanaskan, kemampuan mengeras ditingkatkan dengan peningkatan mangan. Karena manfaat ini, mangan adalah bahan paduan yang banyak digunakan dalam baja.

– (molibdenum (Mo) meningkatkan ketangguhan dan kekerasan panas juga meningkatkan kemampuan mengeras dan membentuk karbida untuk ketahanan aus.
– (Nikel (Ni) meningkatkan kekuatan dan ketangguhan, meningkatkan kemampuan mengeras tetapi tidak sebanyak beberapa elemen paduan lain dalam baja dalam jumlah yang signifikan, meningkatkan ketahanan terhadap korosi dan merupakan bahan utama lainnya (selain kromium) dalam beberapa jenis baja tahan karat

bahwa dari ketiga komposisi tersebut dapat meningkatkan ketahanan korosi pada stainless steel

Meski terbilang butuh biaya lebih akan tetapi pipa stainless sangat banyak diminati karena sifatnya yang anti karat atau tahan terhadap korosi. dan pada proses pemasangan pipa ini pun bia dikatakan mudah sehingga mampu menghemat lebih banyak waktu.
Pipa stainless steel memiliki tampilan elegan yang mengkilap karena adanya kromium yang ditambahkan ke dalam campuran bajanya

Kami PT. MITRA JAYA MAKMUR ABADI salah satu perusahaan penyedia pipa stainless steel terkemuka dan terpercaya sudah bergerak lebih dari 10 tahun dalam penyedia pipa stainlesss steel jadi kami mengerti dan memahami kebutuhan pipa yang anda inginkan sesuai dengan kebutuhan anda.

selain pipa stainless steel PT. MITRA JAYA MAKMUR ABADI juga menyediakan jenis PIPA lainnya, silahkan hubungi kami untuk penawaran yang anda inginkan .