fitting

Jenis-jenis Fitting Pipa Besi dan Fungsinya

Sekilas Tentang Fitting Pipa

Fitting pipa besi adalah perangkat atau material yang di gunakan untuk menghubungkan dua bagian pipa besi atau untuk mengubah arah aliran pada pipa. Ada berbagai jenis fitting pipa besi, seperti fitting elbow, fitting tee, fitting reducer, dll. Fitting ini dapat di buat dari berbagai jenis bahan, seperti besi karbon, besi tahan karat, atau stainless steel.

Mungkin bagi Anda yang berkecimpung di bidang ini sudah tidak asing lagi dengan material ini, namun sebagian dari kita mungkin belum mengetahui jenis-jenis fitting pipa serta fungsi nya dalam sistem perpipaan, simak ulasannya berikut ini :

Berbagai Jenis Fitting pipa besi dan fungsinya

Ada berbagai jenis fitting pipa, di antaranya:

Elbow

Fitting Pipa Elbow di gunakan untun mengubah arah aliran pipa dengan sudut yang di tentukan pada umumnya pipa  elbow di pasaran ialah sudut 90 deraja dan 45 derajat.

Tee

Fitting Pipa seperti namanya fitting ini memiliki bentuk seperti huruf “T” dan di gunakan untuk menghubungkan tiga bagian pipa.

Reducer

Reducer fitting pipa yabg satu ini berfungsi untuk menghubah ukuran diameter sambungan pipa seperti mengecilkan atau pun membesarkan pipa.

Cap

Berbeda dengan fitting lainnya yang di gunakan untuk menghubungkan pipa jenis fitting yang satu ini di gukanan untuk menutup pada ujung pipa.

Coupling

Jika reducer di gunakan untuk mengecilkan atau membesarkan diameter pipa, lain halnya dengan coupling yang di gunakan untuk menghubungkan baguan pipa yang ukuran nya sama.

Nipple

Nipple di gunakan untuk menghubugkan dua baguan pipa maupun menambah panjang pipa.

 

Harga Fitting 2023

Harga fitting pipa bervariasi tergantung pada jenis bahan, ukuran, dan jenis fitting yang di gunakan. Pada tahun 2023 harga fitting pipa juga di pengaruhi oleh harga bahan mentah, biaya produksi, dan kondisi pasar. Namun, sebagai panduan, harga fitting pipa berkisar antara beberapa ribu hingga puluhan ribu rupiah per-buah, tergantung pada jenis dan ukuran yang di inginkan. Untuk informasi terupdate Anda dapat menghubungi marketing PT Mitra Jaya Makmur Abadi supplier pipa besi berpengalaman dan terpercaya dalam memenuhi kebutuhan baik sektor industri maupun konstruksi. Melayani penjualan secara grosir untuk dapat di kirim keseluruh Indonesia.

Lihat juga : Pipa Hitam 2023

Lihat Company Profile MJMA

 

rajapipa

Recent Posts

Pipa Hitam/Galvanis Schedule 40/80/160 (Welded/Seamless)

Pipa Hitam/Galvanis Schedule 40/80/160 (Welded/Seamless) Panduan Lengkap dan Aplikasinya Pipa hitam dan pipa galvanis dengan… Read More

6 hari ago

Sambungan Pipa Jenis, Fungsi, dan Tips Memilih yang Tepat

Sambungan pipa adalah komponen penting dalam sistem perpipaan yang digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih… Read More

3 minggu ago

Katup Pipa Saluran Air Pengertian, Jenis, dan Fungsinya dalam Sistem Pipa

Katup pipa saluran air adalah komponen penting dalam sistem perpipaan yang berfungsi untuk mengatur aliran… Read More

3 minggu ago

Kenali Siku, UNP, CNP, H-Beam, dan WF

Penjelasan Mengenai Siku, UNP, CNP, HBeam, dan WF Dalam industri konstruksi, pemilihan material adalah kunci… Read More

1 bulan ago

Fitting Pipa Galvanis

Mengenal Fitting Pipa Galvanis Pilihan Ideal untuk Konstruksi Modern Pipa galvanis adalah salah satu material… Read More

1 bulan ago

Perbedaan Rockwool dan Glasswool

Solusi Isolasi Termal dan Akustik yang Efektif Dalam dunia konstruksi dan pengelolaan bangunan, dua material… Read More

2 bulan ago