baja

5 Perbedaan Besi dan Baja

Kenali Perbedaan Besi dan Baja

Meskipun tidak terlihat terlalu jauh berbeda, namun sebenarnya terdapat beberapa perbedaan besi dan baja. Bagi Anda yang sedang melakukan kontruksi rumah, industri maupun proyek konstruksi lainnya. Anda dapat memahami terlebih dahulu definisi 5 perbedaan besi dan baja agar dapat menggunakan material yang sesuai.

 

Kenali Perbedaan Besi dan Baja

Bagaimana membedakan nya ?

Besi adalah unsur material murni yang sudah ada tersedia di alam dalam jumlah yang cukup besar, sedangkan baja merupakan pengembangan dari penggunaan besi salah satu logam campuran besi (alloy). Untuk lebih jelasnya berikut ini adalah 5 beberapa perbedaaan Besi dan Baja :

Baca juga : Mengenal Pipa PVC dan Pipa HDPE

  1. Material Pembentukannya

    Besi biasa di istilahkan dengan unsur ferrum (Fe) merupakan material alami. Besi yang ada di sekitar kita yang kita lihat sehari-hari terbuat dari penambangan bijih besi yang kemudian diolah menjadi potongan besi yang sering kita jumpai.

    Sementara baja, merupakan material buatan yang tercipta dari perpaduan besi, karbon, mangan, fosgor, sulfir, silikon serta aluminimum, nitrogen, dan oksigen dalam jumlah kecil.

  2. Berdasarkan Karakteristiknya

    Besi Memiliki safat getas/rapuh. Sifat kima besi lebih mudah teroksidasi lebih lama akan berkarat. sedangkan baja terdapat bahan-bahan yang membuat baja lebih bisa bertahan dari oksidasi dan karat. Kandungan bahan tersebut juga membuat permukaan baja terlihat mengkilap.

  3. Suara

    Dari sisi suara pada saat pengecoran dengan besi dan baja, kedua material ini akan menghaslikan suara yang berbeda. Karena sifat logam besi dapat meremam suara sehingga saat di pukul akan menghasilkan bunyi yang pelan. berbeda dengan baja menghasilkan bunyi nyaring saat di pukul

  4. Percikan Bungan Api

    Saat ingin melakukan pemotongan dengan gerinda material besi akan menghasilkan percikan bunga api yang besar dan banyak, sedangkan baja menghasilkan bunga api lebih kecil dan sedikit. Bunga api yang terlihat saat gerinda menandakan tingkat kandungan karbon yang ada di suatu logam.

  5. Dari Segi Penggunaan

     

    Kedua material ini sering ditemukan pada bahan bangunan. Selain menjadi bahan bangunan, besi juga di gunakan untuk membuat peralatan rumah tangga, perangkat kendaraan dan lain sebagainya. Berbeda dengan baja, biasa nya baja digunakan untuk industri mobil, rel kreta api, jembatan, dan lainnya.

Itulah 5 perbedaan besi dan baja yang dapat kami rangkumkan. Keduanya adalah bahan konstruksi bangunan dan Industri yang sering di gunakan. Keduanya memiliki daya tahan dan fleksibilitas dalam penggunaannya. Dalam hal ini baja memang lebih kuat di bandingkan besi murni karena ada kandungan karbonnya. Akan tetapi, besi memiliki sifat flekisbel yang sangat mudah di bentuk.

Semoga bermanfaat!

Jika kalian memerlukan bantuan pemesanan besi baja anda dapat menghubungi marketing office kami untuk detail lengkapnya.

Follow juga :

rajapipa

Recent Posts

Pipa Hitam/Galvanis Schedule 40/80/160 (Welded/Seamless)

Pipa Hitam/Galvanis Schedule 40/80/160 (Welded/Seamless) Panduan Lengkap dan Aplikasinya Pipa hitam dan pipa galvanis dengan… Read More

1 minggu ago

Sambungan Pipa Jenis, Fungsi, dan Tips Memilih yang Tepat

Sambungan pipa adalah komponen penting dalam sistem perpipaan yang digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih… Read More

3 minggu ago

Katup Pipa Saluran Air Pengertian, Jenis, dan Fungsinya dalam Sistem Pipa

Katup pipa saluran air adalah komponen penting dalam sistem perpipaan yang berfungsi untuk mengatur aliran… Read More

3 minggu ago

Kenali Siku, UNP, CNP, H-Beam, dan WF

Penjelasan Mengenai Siku, UNP, CNP, HBeam, dan WF Dalam industri konstruksi, pemilihan material adalah kunci… Read More

1 bulan ago

Fitting Pipa Galvanis

Mengenal Fitting Pipa Galvanis Pilihan Ideal untuk Konstruksi Modern Pipa galvanis adalah salah satu material… Read More

1 bulan ago

Perbedaan Rockwool dan Glasswool

Solusi Isolasi Termal dan Akustik yang Efektif Dalam dunia konstruksi dan pengelolaan bangunan, dua material… Read More

2 bulan ago