Pipa

Pipa PVC dan Pipa HDPE

Mengenal Pipa PVC dan Pipa HDPE

Mungkin tidak asing bagi kalian yang berkecimpung dalam bidang plumbing, pasti kalian sudah sering mendengar Pipa PVC dan Pipa HDPE. Ke dua pipa ini memiliki jenis yang berbeda, namun bisa bekerja sama dalam suatu instalasi saluran air. Pipa HDPE digunakan sebagai induk, sedangkan PVC sebagai medan alirannya. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

mengenal perbedaan pipa pvc dan pipa hdpe

Perbedaan Pipa PVC dan Pipa HDPE

PVC merupakan singkatan dari Polyvinyl Chloride atau lebih di kenal dengan istilah paralon. Struktur pembentukannya murni dari plastik atau tepatnya dari gabungan vinyl. Pipa ini pun memiliki sifat kuat,ringan, tahan lama, dan tidak berkarat. Sedangkan Pipa HDPE struktur pembentukannya terbuat dari bahan polyethylene yang memiliki kepadatan tinggi yang membuat pipa ini tahan bahan kimia.

Perbedaan dari segi Kelentukan

Perbedaan berikutnya ialah pipa paralon memiliki sifat statis, tidak fleksibel, serta kurang lentur. Sehingga memerlukan banyak sambungan pipa seperti fitting, elbow, tee,p-trap dan lainnya. Berbeda sekali dengan Pipa HDPE yang memiliki sifat lentur.

Perbedaan dari segi ketahanan

Pipa PVC berwarna putih memiliki ketahanan yang baik ketika terkena sinar UV secara langsung. Namun sebaliknya ketika berhadapan dengan lumut, pipa ini memiliki sifat getas ketika sudah digunakan dalam waktu lama. Namun berbeda dengan PVC berwarna abu-abu yang memiliki kemampuan sebaliknya.

Pipa PVC berwarna abu-abu, ketika lama terkena kontak dengan sinar uv dapat menyebabkan fisiknya menjadi bengkok.  Sedangkan Pipa HDPE memiliki sifat fisik yang tangguh baik berhadapan langsung dengan air maupun lumut tidak akan berpengaruh. Sebab itu pipa HDPE paling sering di gunakan sebagai induk dari instalasi saluran air.

Baca juga : Pipa ERW KHI Sch 40

Perbedaan dari segi fungsi atau kebergunaan

Kerapkali peralon digunakan untuk instalasi air dingin saja. Jika di gunakan untuk instalasi air panas, paralon bisa mudah rusak. Sebab itu di sarankan menggunakan pipa PPR yang memiliki daya tahan fisik tinggi. Sedangkan untuk Pipa HDPE dapat di gunakan untuk instalasi air panas maupun air dingin.

Perbedaan Harga

Kalau di lihat dari penjelasan di atas, pasti kamu sudah dapat menebak kalau pipa HDPE itu  lebih mahal dari PVC. Perbandingan pipa yang di kenal dengan istilah peralon ini memiliki harga murah 30-40% di bandingkan dengan pipa HDPE.

Itulah tadi penjelasan perbedaan pipa berdasarkan ketahanan dan kebergunaannya, Bagaimana menurut kalian apakah ada tambahan? Silahkan kirimkan informasi di kolom komentar. Dan manakah Pipa yang cocok untuk kebutuhan kamu. Semoga artikel ini bermanfaat! Jika kalian memerlukan bantuan harga pipa murah anda dapat menghubungi marketing office kami untuk detail lengkapnya.

Follow juga :

rajapipa

Recent Posts

Pipa Hitam/Galvanis Schedule 40/80/160 (Welded/Seamless)

Pipa Hitam/Galvanis Schedule 40/80/160 (Welded/Seamless) Panduan Lengkap dan Aplikasinya Pipa hitam dan pipa galvanis dengan… Read More

6 hari ago

Sambungan Pipa Jenis, Fungsi, dan Tips Memilih yang Tepat

Sambungan pipa adalah komponen penting dalam sistem perpipaan yang digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih… Read More

3 minggu ago

Katup Pipa Saluran Air Pengertian, Jenis, dan Fungsinya dalam Sistem Pipa

Katup pipa saluran air adalah komponen penting dalam sistem perpipaan yang berfungsi untuk mengatur aliran… Read More

3 minggu ago

Kenali Siku, UNP, CNP, H-Beam, dan WF

Penjelasan Mengenai Siku, UNP, CNP, HBeam, dan WF Dalam industri konstruksi, pemilihan material adalah kunci… Read More

1 bulan ago

Fitting Pipa Galvanis

Mengenal Fitting Pipa Galvanis Pilihan Ideal untuk Konstruksi Modern Pipa galvanis adalah salah satu material… Read More

1 bulan ago

Perbedaan Rockwool dan Glasswool

Solusi Isolasi Termal dan Akustik yang Efektif Dalam dunia konstruksi dan pengelolaan bangunan, dua material… Read More

2 bulan ago