Pipa

Perbedaan Pipa Welded dan Pipa Seamless yang perlu di Anda ketahui

Tahukah kamu apa saja sih perbedaan pipa welded dan pipa seamless? mungkin tidak asing bagi orang yang berkecimpung di bidang ini, bagi orang yang masih awam dengan jenis besi ini mungkin membingungkan karena banyaknya produk-produk yang ada di pasaran.

Pada dasarnya, masing-masing pipa besi di buat berdasarkan fungsinya masing-masing. Sebagaimana halnya pipa welded & pipa seamless, kedua pipa ini disebut identik. Namun sebenarnya berbeda anatara pipa welded & pipa seamless. Berikut ini penjelasannya!

 

Daftar isi :

 

Perbedaan Pipa Welded dan Pipa Seamless

Secara singkat perbedaan pipa welded dan pipa seamless terletak pada kelim yang ada di badan pipa. Proses Pembuatan pipa besi di lakukan dengan banyak metode, Metode welded dan metode seamless adalah yang paling populer di gunakan selama beberapa dekade.

Pipa Welded atau dalam bahasa indonesia disebut pipa las. Karena pipa besi diproses dengan metode pengelasan. pipa ini biasanya dibuat menggunakan bahan dari plat atau strip baja yang di sambung dengan teknik las.

Jenis sambungan pipa welded bermacam-macam, ada yang spiral dan ada juga yang lurus. Plat atau strip baja dengan ketebalan tertentu di gulung dengan cara melingka menggunakan mesin pelengkung plat, kemudian saat plat strip baja tergulung membentuk silinder, maka bagian sambungannya akan di las atau tanpa material pengisi berupa logam/flux.

Pipa Seamless atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan pipa kelim, merupakan pipa tanpa sambungan. Jika pipa welded memiliki sambungan las di badannya, pipa seamless justru sebaliknya.

Metode yang paling sering di gunakan untuk membuat pipa seamless yakni metode mandrel mill oricess yang hampir sama dengan metode mannesmann plug mill (hot rotary piercing). Proses nya lebih rumit di bandingkan pipa welded. Billet baja yang dipanaskan melalui proses piercing dan di dorong ke delam mill. kemudian billet akan mengalami proses penggulungan dan peregangan untuk menyesuaikan panjang dan ketebalan dinding pipa seamless.

Baca juga : Perbedaan Pipa hitam dan pipa galvanis

Fungsi Pipa Welded dan Pipa Seamless

Secara singkat perbedaan Pipa Welded dan Pipa Seamless terletak pada daya tahannya. Pipa Welded di anggap lebih rentan karena sambungan pada bagian badannya.

Jika secara teori pipa welded memiliki sambungan las yang membuat pipa ini lebih lemah, dan tidak tahan terhadap tekanan serta suhu yang tinggi.

Dari segi harga pipa welded lebih murah karena proses produksi yang lebih sederhana, dengan karakteristiknya pipa welded dapat digunakan dalam semua industri dengan catatan suhu, tekanan dan variablenya terukur serta tidak melibihi standart yang di tentukan.

Lihat juga video : Distributor pipa besi baja dan perlengkapannya

Kebalikan dari pipa welded , pipa seamless karena tanpa sambungan di anggap sebagai jenis pipa besi yang lebih kuat.

Pipa ini memang unggul dari segi ketahanan, problem yang sering terjadi pada pipa ini adalah ukurannya kurang konsisten. ketebalan pipa seamless cendrung tidak konsisten karena proses penggulungan dan peregangan.

Pipa Seamless lebih di peruntukan untuk di aplikasikan pada industri yang membutuhkan pipa dengan ketahanan serta suhu tinggi.

Keunggulan Pipa Welded
  • Dari segi harga pipa seamless lebih murah.
  • proses pembuatan lebih sederhana dengan waktu lebih singkat.
  • Permukaan bagain dalam lebih baik.
  • Konsisten ukuran lebih pasti.
Keunggulan Pipa Seamless
  • Dinging pipa lebih tebal sehingga tahan terhadap tekanan serta suhu tinggi.
  • Tidak ada nya sambungan seingga lebih tahan terhadap korosi.
  • Memiliki silinder yang baik, walaupun ukurunnya cenderung kurang konsisten.

Perbedaan yang sangat dominan antara pipa welded dan pipa seamless terletak pada proses pembuatannya. Maka kenali terlebih dahulu kebutuhan pipa besi Anda . Sebelum menentukan akan membeli pipa welded atau seamless, Silahkan konsultasikan pada tim marketing kami terkait kebutuhan kontruksi maupun industri Anda. Semoga Artikel ini bermanfaat ya sahabat MJMA!

 

Lihat juga : Pipa Besi Hitam Medium SNI 

rajapipa

Recent Posts

Pipa Hitam/Galvanis Schedule 40/80/160 (Welded/Seamless)

Pipa Hitam/Galvanis Schedule 40/80/160 (Welded/Seamless) Panduan Lengkap dan Aplikasinya Pipa hitam dan pipa galvanis dengan… Read More

7 hari ago

Sambungan Pipa Jenis, Fungsi, dan Tips Memilih yang Tepat

Sambungan pipa adalah komponen penting dalam sistem perpipaan yang digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih… Read More

3 minggu ago

Katup Pipa Saluran Air Pengertian, Jenis, dan Fungsinya dalam Sistem Pipa

Katup pipa saluran air adalah komponen penting dalam sistem perpipaan yang berfungsi untuk mengatur aliran… Read More

3 minggu ago

Kenali Siku, UNP, CNP, H-Beam, dan WF

Penjelasan Mengenai Siku, UNP, CNP, HBeam, dan WF Dalam industri konstruksi, pemilihan material adalah kunci… Read More

1 bulan ago

Fitting Pipa Galvanis

Mengenal Fitting Pipa Galvanis Pilihan Ideal untuk Konstruksi Modern Pipa galvanis adalah salah satu material… Read More

1 bulan ago

Perbedaan Rockwool dan Glasswool

Solusi Isolasi Termal dan Akustik yang Efektif Dalam dunia konstruksi dan pengelolaan bangunan, dua material… Read More

2 bulan ago