Besi

Perbedaan Pipa Hitam dan Pipa Galvanis

Apa sih perbedaan antara pipa hitam dan pipa galvanis?

Sebelum membahas perbedaan anatara pipa hitam dan pipa besi galvanis, mari kita mengenal terlebih dahulu material jenis pipa ini .

Sudah tidak asing lagi benda yang berbentuk silinder memanjang ini biasa di gunakan untuk media mengalirkan material gas, air , bahkan solid. Pengaplikasiannya pun cukup dekat dengan kehidupan kita sehari-hari, di rumah pipa sangat di butuhkan dalam instalasi air dan listrik. Terlebih untuk Industri dan Kontruksi, keberadaan pipa sangat krusial untuk mengalirkan material cari maupun gas dari setiap proses yang terjadi.

Baca juga : Lebih Mengenal apa itu flange pipa besi?

Pipa besi memiliki banyak ragam yang di sesuaikan dengan kebutuhannya masing-masing. Berikut ini adalah informasi mengenai pipa besi hitam dan pipa besi hitam :

Pipa Besi Hitam

Pemberian nama untuk jenis pipa ini tidak lain karena waranya yang hitam. Umumnya besi hitam di buat dengan dengan tujuan menyalurkan bahan-bahan tambang yang mudah terbakar.

Pipa hitam banyak di gunakan untuk keperluan kontruksi bangunan karena memiliki sifat bahan yang tahan terhadap panas, di samping itu pipa ini sangat kokoh dan dapat di gunakan sebagai rangka bangunan. Anda juga dapat menemukan pipa jenis ini dalam dunia pertambangan untuk mengalirkan gas, oli, minyak, bahan bakar, dsb. Bahkan yang paling mudah di amati pipa besi hitam juga kini banyak di gunakan di rumah sebagai penyangga kanopi dan tiang lampu jalan.

Pipa Besi Galvanis

Sesuai namanya, Pipa Galvanis telah mengalami proses galvanisasi. Galvanisasi sendiri adalah proses pencampuran dengan zat antikarat / seng yang bertujuan untuk menghambat terjadinya korosi atau karat pada objek yang di lapisi.

Baca Juga : Harga Pipa Galvanis Medium

Dibutuhkan waktu yang lebih banyak dalam proses pengerjaan pipa besi galvanis, akurasi tinggi juga di butuhkan dalam melakukan instalasi jenis pipa yang satu ini. Pemotongan dan penyambungan antarpipa dengan fitting harus presisi. Anda akan membutuhkan metode drat dengan menggunakan alat senai di setiap ujung pipa untuk proses penyambungan.

Pipa ini tidak cocok di gunakan untuk mengalirkan air panas, karena suhu panas akan membuat lapisan seng mengelupas justru akan menimbulkan penyumbatan pada pipa . Namun jika di gunakan untuk mengalirkan air , pipa ini sangat di rekomendasikan karena daya tahan penggunaan yang sangat lama hingga 25 tahun.

Baca juga : Fungsi Cara Kerja Dan Kegunaan Check Valve

Nah itu lah tadi perbedaan fungsi jenis pipa besi hitam dan galvanis, termasuk karakter dan kegunaan nya. Beberapa tips berikut ini dapat Anda jadikan panduan sebelum memesan pipa besi baik lokal maupun importir.

Pertama perhatikan kemampuan tahan bebannya

Anda harus benar memahami kemampuan pipa yang akan dibeli dalam daya tahan beban.
Anda juga bisa mencari informasi mengenai kelenturan dan berat bersih beban yang ditahan di berbagai ketiggian.

Perbandingan antara merek satu dengan yang lain

Satu jenis pipa tidak hanya di produksi oleh satu vendor, ada baiknya anda memiliki referensi mengenai merek-merek terbaik untuk jenis pipa yang sedang Anda cari.  Selain Anda bisa mengecek harga anda juga mengetahui kualitas masing-masing merek.

Sesuaikan dengan Anggaran

Yang utama, anda tetap harus menyesuaikan dengan anggaran yang Anda miliki dapatkan pipa besi dengan kualitas terbaik dengan budget yang tersedia. Silahkan konsultasikan jenis pipa yang Anda butuhkan dengan tim marketing kami , kami siap membantu Anda dalam kebutuhan bangunan kontruksi Anda maupun industri .

lihat juga video Distributor Pipa Besi Baja dan Perlengkapan nya

rajapipa

View Comments

Recent Posts

Pipa Hitam/Galvanis Schedule 40/80/160 (Welded/Seamless)

Pipa Hitam/Galvanis Schedule 40/80/160 (Welded/Seamless) Panduan Lengkap dan Aplikasinya Pipa hitam dan pipa galvanis dengan… Read More

1 minggu ago

Sambungan Pipa Jenis, Fungsi, dan Tips Memilih yang Tepat

Sambungan pipa adalah komponen penting dalam sistem perpipaan yang digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih… Read More

3 minggu ago

Katup Pipa Saluran Air Pengertian, Jenis, dan Fungsinya dalam Sistem Pipa

Katup pipa saluran air adalah komponen penting dalam sistem perpipaan yang berfungsi untuk mengatur aliran… Read More

3 minggu ago

Kenali Siku, UNP, CNP, H-Beam, dan WF

Penjelasan Mengenai Siku, UNP, CNP, HBeam, dan WF Dalam industri konstruksi, pemilihan material adalah kunci… Read More

1 bulan ago

Fitting Pipa Galvanis

Mengenal Fitting Pipa Galvanis Pilihan Ideal untuk Konstruksi Modern Pipa galvanis adalah salah satu material… Read More

1 bulan ago

Perbedaan Rockwool dan Glasswool

Solusi Isolasi Termal dan Akustik yang Efektif Dalam dunia konstruksi dan pengelolaan bangunan, dua material… Read More

2 bulan ago