Check Valve

Fungsi Cara Kerja Dan Kegunaan Check Valve

Check valve berbeda inch secara signifikan dari gate-valve dan globe-valve.
check valve ini di rancang untuk mencegah aliran balik.
Arus balik berarti arus yang telah berbalik arah dalam pipa dan mulai mengalir mundur.
Ada banyak desain check valve, akan tetapi dua yang paling umum jenis adalah swing check dan lift check.

Jangan gunakan roda tangan untuk mengontrol aliran komoditas, tetapi sebaliknya gunakan gravitasi dan tekanan komoditas untuk mengoperasikan katup. Check Valve memiliki perbedaan yang signifikan dari Gate Valve dan Globe Valve. Valve ini di desain untuk mencegah aliran balik.

Check Valve inch

Cara Penggunaan Check Valve

Tapi ada 2 jenis check valve yaitu Swing Check dan Lift Check.

  • Swing Check Valve biasanya di pasangkan dengan Gate Valve, sedangkan Lift Check Valve oleh beberapa pabrikan di gunakan untuk menggantikan fungsi Ball Valve sebagai Ball Check Valve.
  • Check Valve tidak menggunakan handel untuk mengatur aliran, tapi menggunakan gravitasi dan tekanan dari aliran fluida itu sendiri.

Check Valve inch sering di gunakan sebagai pengaman dari sebuah equipment dalam sistem perpipaan.
Bentuk check valve sama saja dengan gate valve tapi valve ini tidak mempunyai handwell/handle maupun stem.

Cara kerja Check Valve

Ada 3 macam check valve yang cara kerjanya sama saja namun aplikasi nya terhadap material fluida yang berbeda,yaitu :

  • Swing check valve, berfungsi untuk mengatur fluida gas ataupun liquid yang tidak mengandung partikel padat. Katup bergerak berayun teratur untuk membuka atau menutup. Jika sering terjadi arus balik, benturan disc dan cairan berpasir akan merusak seat. Bila katup terbuka penuh valve ini mempunyai kecendrungan membuka terus dan arus fluida mengalir , bila kecepatan arus berubah pelan-pelan, katup akan tertutup kembali dengan gaya gravitasi.

Baca juga : Flange Pipa Besi

  • Lift check valve, berfungsi untuk mengatur fluida steam, gas, maupun liquid yang mempunyai flow yang tinggi. Pada dasarnya valve ini prinsipnya sama seperti piston valve. Batang disc berfungsi sebagai penuntun. Posisi awal disc kontak dengan seat. Bila ada pressure pada disc, maka disc akan terangkat, disk akan kembali kontak dengan seat secara gravitasi. Valve ini juga berfung si untuk mengatur liquid.
  • Ball check valve, berfungsi untuk mengatur fluida liquid yang mengandung partikel padatan. Valve cocok untuk segala pemakaian, untuk gas, uap air dan cairan lain yang dapat membentuk deposit lengket. Ball bergerak berputar, bila ada pressure ball akan terangkat. Dan kembali secara gravitasi.

Demikian Artikel ini semoga bermanfaat
Baca juga artikel kami distributor pipa fitting jakarta

Bookmark the permalink.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *